GOD

gsjanazareth.blogspot.com


counter

Minggu, 05 Februari 2017

MENGHARGAI KASIH KARUNIA TUHAN





Balasan orang Yang Mendapat kasih karunia
KEJ 6:1-8
OLEH:PDT. JERY ADOE
Kupang, 8 Januari 2015

1 Ketika manusia itu mulai bertambah banyak jumlahnya di muka bumi, dan bagi mereka lahir anak-anak perempuan,
2  maka anak-anak Allah melihat, bahwa anak-anak perempuan manusia itu cantik-cantik, lalu mereka mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka.
3 Berfirmanlah TUHAN: "Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja."
4 Pada waktu itu orang-orang raksasa ada di bumi, dan juga pada waktu sesudahnya, ketika anak-anak Allah menghampiri anak-anak perempuan manusia, dan perempuan-perempuan itu melahirkan anak bagi mereka; inilah orang-orang yang gagah perkasa di zaman purbakala, orang-orang yang kenamaan.

5  Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata,
6 maka menyesallah TUHAN, bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi, dan hal itu memilukan hati-Nya.
7  Berfirmanlah TUHAN: "Aku akan menghapuskan manusia yang telah Kuciptakan itu dari muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang-binatang melata dan burung-burung di udara, sebab Aku menyesal, bahwa Aku telah menjadikan mereka."


8 ¶  Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata TUHAN.

9  Inilah riwayat Nuh: Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya; dan Nuh itu hidup bergaul dengan Allah.
10  Nuh memperanakkan tiga orang laki-laki: Sem, Ham dan Yafet.
11 Adapun bumi itu telah rusak di hadapan Allah dan penuh dengan kekerasan.
12  Allah menilik bumi itu dan sungguhlah rusak benar, sebab semua manusia menjalankan hidup yang rusak di bumi.

PENDAHULUAN : HIDUP, PEKERJAAN, JABATAN, UANG, ISTRI, ANAK, UMUR PANJANG, RUMAH TANGGA, DSB ADALAH BUKTI ANDA DAN SAYA MENDAPAT KASIH KARUNIA. KASIH KARUNIA ARTINYA DAPAT CUMA-CUMA. DI SAAT MUNGKIN ORANG LAIN TIDAK MENDAPATKANNYA ………. KALAU BEGITU APA BALASANNYA KITA YANG TELAH DIBERI KASIH KARUNIA..?


I.                  NUH HIDUP BENAR DAN TAK BERCELA DI HADAPAN TUHAN (AY. 9)

9  Inilah riwayat Nuh: Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya;

KEJADIAN 7:1
7: 1  Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Nuh: "Masuklah ke dalam bahtera itu, engkau dan seisi rumahmu, sebab engkaulah yang Kulihat benar di hadapan-Ku di antara orang zaman ini.

Kadang kita menggunakan alasan kita masih ada di dunia. Tapi jelas nuh juga masih ada di dunia dan dari zaman Nuh hidup manusia sudah rusak, tetapi Nuh tetap memlih hidup benar.
Nuh juga bisa alasan ko katong pung lingkungan su bagitu na, nah kalau katong son iko bamaki, omong kotor, main judi, mabok, dll nanti orang bilang awi ke sum mau naik anteru pi sorga ko ?
Pilihan Nuh jelas ia dan keluarganya harus bisa hidup untuk menyenangkan Tuhan dengan cara hidup tak bercela.
Pilihan untuk hidup benar bukan ikut-ikutan, pilhan untuk hidup benar bukan supaya orang bilang mau naik pi sorga anteru, atau sok suci pilihannya jelas hanya untuk kesenangan Tuhan. Knapa yang atur hidup dan memberikan hidup serta semua yang kita miliki Tuhan, masa yang kasih kita berkat dan kasih karunia Tuhan, knapa manusia yang harus disenangkan bukan?.

II.               NUH HIDUP BERGAUL DENGAN TUHAN (AY. 9)

9  Inilah riwayat Nuh: Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya; dan Nuh itu hidup bergaul dengan Allah.

III.            NUH HIDUP SESUAI PERINTAH TUHAN (AY 14 BND AY 22)

14  Buatlah bagimu sebuah bahtera dari kayu gofir; bahtera itu harus kaubuat berpetak-petak dan harus kaututup dengan pakal dari luar dan dari dalam.
5  Beginilah engkau harus membuat bahtera itu: tiga ratus hasta panjangnya, lima puluh hasta lebarnya dan tiga puluh hasta tingginya.
16  Buatlah atap pada bahtera itu dan selesaikanlah bahtera itu sampai sehasta dari atas, dan pasanglah pintunya pada lambungnya; buatlah bahtera itu bertingkat bawah, tengah dan atas.
17  Sebab sesungguhnya Aku akan mendatangkan air bah meliputi bumi untuk memusnahkan segala yang hidup dan bernyawa di kolong langit; segala yang ada di bumi akan mati binasa.


22 ¶  Lalu Nuh melakukan semuanya itu; tepat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya, demikianlah dilakukannya.

Banyak orang berjalan seperti tradisi
Banyak orang berjalan seperti budaya/adat istiadat
Banyak orang berjalan seperti tahayul atau kepercayaan kafir

Tetapi hanya keluarga yang berjalan tepat yang berkenan kepada Tuhan bandingkan Matius 7:21-23

21 ¶  Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
22  Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
23  Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!" II II {} II
24  "Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu.

KESIMPULAN : ORANG YANG BANYAK MENGALAMI BANYAK PERBUATAN TUHAN HARUSNYA, LEBIH BANYAK HIDUPNYA MENYENANGKAN TUHAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar