GOD

gsjanazareth.blogspot.com


counter

Minggu, 08 Oktober 2017

KUNCI MERAIH SUKSES


                                          MAZMUR:1-6
Oleh : Pdt. Jery Adoe, S.Th

1 Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,
2  tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.
3  Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.
4 ¶  Bukan demikian orang fasik: mereka seperti sekam yang ditiupkan angin.
5  Sebab itu orang fasik tidak akan tahan dalam penghakiman, begitu pula orang berdosa dalam perkumpulan orang benar;
6  sebab TUHAN mengenal jalan orang benar, tetapi jalan orang fasik menuju kebinasaan.

PENDAHULUAN : Hidup manusia bagaikan dalam suatu perjalanan. Dalam perjalanan manusia itu dituntut untuk mengambil keputusan jalan mana yang harus dipilih. Ada dua pilihan dalam perjalanan untuk mengikuti pemandu perjalanan atau memilih jalan sendiri (bd, peraturan Lalu Lintas : lampu merah, lampu kuning, dan lampu hijau, dilarang belok kiri, atau berhenti), kalaulah semua mematuhinya maka sampailah tujuan yaitu selamat dalam perjalanan).
Demikian dengan pilihan jalan hidup kita mengikuti jalan yang benar, atau jalan kefasikan, jalan Tuhan atau jalan dunia. Semuanya memeiliki konsukwensi. Jalan Tuhan menuju sukses dan masa depan, jalan Fasik menuju kepada kegagalan dan kebinasaan. Karena itu marilah kita memilih tiga langkah hidup yang benar bila ingin diberkati dan sukses di masa yang akan dating baik di bumi maupun diakhirat.

I.               MEMILIK AKTIVITAS DI KOMUNITAS YANG BENAR (AY. 1-6)

1 Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,

Ada banyak orang punya aktivitas yang benar tanpa nemiliki komunitas yang benar (sekedar menjadi orang baik), namun ada sekelompok orang juga kelompok orang yang memiliki komunitas yang benar namun memiliki aktivitas yang salah (orang gereja yang ada di gereja tapi suka gosip)
Kita boleh menyapa siapa saja baik orang baik maupun orang jahat. Sebab mereka juga adalah manusia sama seperti kita. Namun yang tidak boleh adalah memilih untuk bergaul karib dengan orang fasik yang digambarkan seperti, berdiri, berjalan, dan duduk. Ini berbicara tentang kebersamaan dan aktivitas bersama.
Dengan siapa anda berjalan, berdiri dan duduk, akan mempengaruhi kehidupanmu, baik sekarang maupun nanti. Seseorang berkata : “Tunjukkan siapa temanmu, dan aku akan menunujukkan masa depanmu”.
Artinya masa depan kita juga ditentukan dari orang-orang yang berada di sekeliling kita. Kalau engkau bergaul dengan orang baik dan benar, pasti hidupmu juga akan baik dan benar. Sebaliknya juga terjadi atas mereka yang bergaul dengan orang yang salah.
Alkitab berkata terang tidak bisa bertemu dengan gelap sebab pergaulan yang buruk merusak perbuatan yang baik.
Karena itu berhati-hatilah dalam memilih teman, pacar apa lagi pasangan hidup. Alkitab berkat bila mau masa depan anda bahagia. maka pilihlah aktivitas dari komunitas yang benar.


II.           MEMILIKI KESUKAAN DAN HOBI YANG BENAR (AY. )

2  tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.
3  Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil

Sekali lagi Hobi dan kesukaan seseorang menentukan sukses dan berhasilnya seseorang. Orang yang hobinya benar akan sukses, Jangan salah, orang yang yang hobinya salah juga akan sukses. Mengapa bisa begitu ?.
Lihat orang yang suka mabuk akan dan merokok misalnya akan sukses dalam menuai penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan sebagainya.
Demikian mereka yang hobinya benar akan mencapai tingkat kesuksesan yang sama, mereka yang hobi tinju akan menjadi petinju professional, mereka yang hobinya belajar akan menjadi sukses di bidang pendidikan dan pengetahuan, termasuk mereka yang hobinya melayani Tuhan akan diberikan pelayanan yang lebih dahsyat,


III.      MEMILIKI JALAN HIDUP YANG BENAR  (AY. 13-14)

4 Bukan demikian orang fasik: mereka seperti sekam yang ditiupkan angin.
Sebab itu orang fasik tidak akan tahan dalam penghakiman, begitu pula orang berdosa dalam perkumpulan orang benar;
sebab TUHAN mengenal jalan orang benar, tetapi jalan orang fasik menuju kebinasaan.

Di ayat 6 Menurut FAYH dikatakan : “6  Karena TUHAN memelihara jalan orang benar, sedangkan jalan orang fasik menuju kebinasaan. I

ini berarti bahwa Tuhan bukan sekedar tahu tapi dia punya cara untuk memelihara dan merancang masa depan kita. Beda orang  yang sekedar tahu dan dengan mereka yang tahu sekaligus mamampu memeelihara kita. Orang mungkin tahu masalah dan pergumulan kita namun belum tentu merek bisa menolong kita. Allah bukan hanya Tahu jalan dan rancangan terbaik bagi  hidup kita (Yer. 29:11), namun Dia Allah yang tahu cara untuk memelihara dan merancang segala yang luar biasa bagi bagi masa depan kita.           

Gaya Hidup sesorang ditentukan juga oleh jalan hidupnya. Kalau dia selalu ada di jalan orang fasik maka kefasikan juga akan dia tuai sebagai gaya hidupnya yang akan menuju pada kebibinasaan (Kegagalan), sebaliknya gaya hidup benar di jalan orang benar, kata Firman Allah Tuhan mengenal jalan orang benar,
Artinya di mana saja orang itu berjalan mata Tuhan selalu melihat dan mengawasi langkah hidup kita. Bayangkan kalau Tuhan sudah melihat dan mengawasi jalan kita berarti setiap kali dialihat kita mnenagis dia kan tolong, saat dia lihat kita susah dia akan hibur, karena dia hanya tahu tentang jalan orang benar.
Itu berarti bahwa ia bukan hanya tahu seluruh kehidupannmusja tetapi dia tahu seluruh cara untuk menolong dan memberkati hidupmu.

KESIMPULAN  : 3 Hal Yang Akan Menentukan Masa Depanmu Sukses Atau Gagal Adalah, Aktivitas Dan Komunitas Yang Benar, Memiliki Hobi Dan Kesukaan Yang Benar, Serta Memiliki Gaya Hidup Yang Benar Atau Jalan Hidup Yang Benar. Jalan Tuhan adalah jalan yang menuju kebahagiaan dan jalan yang menawarkan sampai ke tujuan. Ibarat orang yang mengadakan perjalanan jauh yang mengikuti route yang benar, walaupun banyak tantangan akan sampai ke tujuan dengan dengan selamat atau pengemudi yang patuh dalam berlalu lintas; mengiikuti rambu-rambu lalu lintas maka kemungkinan untuk sampai ke tujuan lebih besar daripada pengemudi yang ugal-ugalan. Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar